00.19
1
Halo teman-teman penggemar TIK kali ini Mahir TIK akan membahas pembelajaran PHP dasar.
Sebelum melangkah lebih jauh dalam mempelajari PHP, sebaiknya teman-teman sekalian sudah mempersiapkan tool apa saja yang dibutuhkan dalam menjalankan PHP.


Berikut tool yang dibutuhkan untuk menjalankan PHP:
  1. Xampp: Perangkat lunak bebas, yang mendukung banyak sistem operasi, merupakan kompilasi dari beberapa program. Xampp sendiri mengandung berbagai perangkat lunak yang bisa digunakan untuk menjalankan PHP. Dalam Xampp terdapat: 
    • Apache Web Server: Perangkat lunak yang menyediakan layanan akses kepada pengguna melalui protokol komunikasi HTTP atau HTTPS atas berkas-berkas yang terdapat pada suatu situs web dalam layanan ke pengguna dengan menggunakan aplikasi tertentu.
    • PHP: Bahasa skrip yang dapat ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. PHP banyak dipakai untuk memrogram situs web dinamis.
    • Database Mysql: Kumpulan informasi yang disimpan di dalam komputer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh informasi dari basis data tersebut.
  2. Editor PHP: Program editor yang digunakan untuk menulis script PHP biasanya bisa memakai editor sederhana seperti notepad atau editor yang lebih lengkap seperti dreamweaver.
  3. Browser: digunakan untuk mengakses informasi yang disediakan oleh server web. Contohnya Internet explorer, Crome, Mozilla dll.
Asumsikan teman-teman sudah mendownload Xampp dan menginstallnya. Tempat folder/root yang digunakan untuk menyimpan script PHP berada di .../xampp/htdocs

Mari mulai menulis script PHP dengan editor notepad atau dreamweaver atau editor lainnya yang bisa digunakan. Penulisan dimulai dengan awal tag <?php   dan ditutup dengan tag ?>  sedangkan untuk menampilkan text atau isi sebuah variabel menggunakan  echo '....';

<?php
        $variabel1='Mari belajar PHP'; //-----variabel berisi text 'Mari balajar PHP'
        echo $variabel1;
?>

Tulis script diatas lalu simpan dengan nama tes.php kadalam folder .../xampp/htdocs/
Buka browser IE / Crome / Mozilla lalu ketik : localhost/tes.php
Pastikan Web server Apache sudah jalan dengan melihat Xampp Control Panel.

Hasil: Mari belajar PHP

Silakan teman-teman mengisi text pada variabel sesuai keinginan.

Nah mudah kan kawan. Untuk awal kita cukup sampai disini dalam mempelajari PHP.
Pada artikel selanjutnya kita akan membahas lebih mendalam tentang PHP.

Selamat Belajar!









1 komentar:

  1. siipp,...(y)http://4.bp.blogspot.com/-8y5i2H7QNzA/UYMbxd4bB-I/AAAAAAAAISM/OL3lQ5k8Is0/s000/01.gif

    BalasHapus